widget Dropdown di Blog

Jumat, 18 September 2020

SEJARAH KAIN TENUN SERBET

 SEJARAH LURIK KAIN SERBET 

PEDAN KLATEN

085291258400

Lurik merupakan salah satu jenis kain tenun yang berasal dari pulau Jawa. Salah satu daerah penghasil lurik adalah Pedan, Klaten. Lurik merupakan salah satu pakaian khas Yogyakarta selain kain batik. Kata lurik berasal dari bahasa Jawa yaitu “lorek” yang berarti garis-garis. Menurut Eksiklopedinasional Indonesia (1997) lurik adalah suatu kain hasil tenunan benang yang berasal dari daerah Jawa Tengah dengan motif dasar garis-garis atau kotak-kotak dengan warna-warna suram yang pada umumnya diselingi aneka warna benang. Kata lurik berasal dari akar kata rik yang artinya garis atau parit yang dimaknai sebagai pagar atau pelindung bagi pemakainya.

Indonesia juga memiliki banyak warisan leluhur yang begitu luar biasa menjadi salah satu icon dari budaya Indonesia itu sendiri. Selain kain batik, salah satu yang menjadi kebanggaan Indonesia adalah kain lurik.


Tampilan dan tekstur sangat bergantung pada jenis kain yang digunakan. Mulai dari jenis benang, bahan baku, kehalusan benang, dan juga alat yang digunakan. Selain berfungsi untuk menutup dan melindungi tubuh, lurik juga memiliki fungsi sebagai status simbol dan fungsi ritual keagamaan. Motif lurik yang dipakai oleh golongan bangsawan berbeda dengan yang digunakan oleh rakyat biasa, begitu pula lurik yang dipakai dalam upacara adat disesuaikan dengan waktu serta tujuannya.


Kunjungi:

https://sugerwijaya.wordpress.com

https://maskerhijab99solo.blogspot.com/

https://maskerhijab99solo.blogspot.com/

https://windartiklt.blogspot.com/ 

https://bdp-smkn4-klaten.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROSES PRODUKSI

  sesuk pas ujian artikel gambar               https:// sugerwijaya.wordpress.com https://maskerhijab99solo.blogspot.com/ https://maskerhija...